TANTANGAN DAN PELUANG MANAJEMEN PRODUKSI DAN OPERASI DI ERA DIGITAL

Authors

  • Ibnu Haris Institut Daarul Qur'an Jakarta
  • Muhammad Anwar Sani Institut Daarul Qur'an Jakarta
  • Taryono Institut Daarul Qur'an Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.51875/jibms.v4i2.253

Keywords:

Manajemen Produksi dan Operasi, Era Digital, Tantangan, Peluang, Strategi

Abstract

Artikel ini mengkaji tantangan, peluang, strategi, dan dampak manajemen produksi dan operasi di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tantangan, peluang, strategi, dan dampak manajemen produksi dan operasi di era digital, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh 100 manajer produksi dan operasi di perusahaan manufaktur di Indonesia, yang dipilih dengan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu. Data divalidasi dengan uji asumsi klasik, uji outlier, dan uji sensitivitas, untuk memastikan kualitas data. Data dianalisis dengan teknik statistik, yaitu analisis deskriptif, analisis faktor, analisis reliabilitas, analisis validitas, dan analisis regresi linier berganda, untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan, peluang, dan strategi manajemen produksi dan operasi di era digital memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap dampaknya bagi organisasi dan masyarakat.  Penelitian ini menghasilkan kerangka konseptual dan rekomendasi bagi praktisi manajemen produksi dan operasi di era digital.

Published

2023-12-15

How to Cite

Haris, I., Anwar Sani, M., & Taryono. (2023). TANTANGAN DAN PELUANG MANAJEMEN PRODUKSI DAN OPERASI DI ERA DIGITAL. Journal of Islamic Business Management Studies (JIBMS), 4(2), 43–54. https://doi.org/10.51875/jibms.v4i2.253